Saturday, June 30, 2007

Yung dolah

Yung Dolah adalah seorang tokoh legenda yang berasal dari negeri melayu yang terletak didaerah pesisir pantai pulau Sumatra tepatnya di pulau Bengkalis, beliau terkenal dengan ceritanya yang sangat melegenda penuh dengan nilai humoris yang mana ceritanya adalah bermuatan lelucon, sang tokoh sangat senang bercerita untuk mengisi waktu senggang dengan masyarakat sekitar khususnya dikalangan pemuda. Untuk menghasilkan sebuah lelucon yung dolah tidak pernah kehabisan ide untuk melahirkan cerita-cerita baru dikala itu, kalau kita meninjau ke timur tengah beliau tak ubah seperti Abu Nawas yang sangat melegenda dengan dongeng seribu satu malamnya.


Cerita yung dolah adalah cerita yang berasal dari pengalaman pribadinya yang penuh khayalan, kekonyolon dan sedikit membawa kita kealam bawah sadar tetapi bagi masyarakat melayu selalu mengidolakan cerita sang tokoh walaupun ceritanya penuh dengan senda gurau dan tidak dapat dicerna oleh akal sehat. Dibalik itu semua banyak petuah-petuah yang dapat kita ambil dari cerita beliau karena cerita beliau tidak hanya sarat akan nilai humoris dan kekonyolan belaka. Yang jelas dari cerita-cerita belaiu kita bisa tau dengan apa yang disebut "melayu". Yang mana dicerita-ceritanya sarat akan kepekatan bahasa melayu dan tidak lupa pula mengandung pesan-pesan moral untuk anak muda dalam menghadapi pergaulan bebas.

Masyarakat melayu adalah masyarakat yang sarat akan cerita-cerita dongeng yang sangat melegenda ditengah kehidupan puaknya, tapi sangat sayang sekali tokoh-tokoh cerita tersebut banyak yang telah terlupakan oleh kita semua yang mana dimasyarakat melayu mempunyai tokoh cerita seperti pak pandir, lebai malang termasuk Yung Dolah dan lain-lainnya। Masyarakat melayu memang bukan masyarakat yang bisa melahirkan teknologi tinggi seperti masyarakat barat yang bisa mengabadikan tokoh lewat film kartun dan komik seperti tokoh superman, superboy, spiderman, zorro, peterpan, winny the pooh, paman gober, mickey mouse n minny mouse bahkan hary potter.

By Jailani

Related Posts

Yung dolah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.